“Modifikasilah Sampai ke Negeri Thailand”: Spareparts CBU dan Aksesoris BIKERS Original di PMB


CBR Thailand + gadis setempat

CBR Thailand + gadis setempat

Sawasdee krub/ka! สวัสดี ครับ/ค่ะ!

Wah tumben nih PMB ga ke-barat-barat-an dlm salam pembukanya hehe. Sesuai judul dan tema postingan kali ini, kali ini PMB akan fokus membahas all about Thailand’s stuffs, tentunya dlm konteks dunia permotoran, yakni spareparts CBU Thai (CBR CBU Thai terutama yaa) dan aksesoris Bikers original Thailand.

Agan masbro sekalian pasti sudah sering dengar anekdot lama “Belajarlah sampai ke negeri China,” dong!? Nah kalau dalam dunia modifikasi motor, plesetannya juga ada, yaitu judul postingan ini. What’s so special aboutThailand? Banyak hal bagus dan positif yg bisa kita pelajari dari Thailand, misalnya durabilitas (keawetan) barang dan ketangguhan industri otomotif mereka (Thailand adalah salah satu basis manufaktur otomotif dunia, terutama untuk kawasan Asia Tenggara), hingga taste modifikasi motor Thailand yg juga sering digandrungi para modifikator dan motorcycle lovers Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari kita, produksi motor Thailand sudah akrab dengan masyarakat Indonesia sejak lama, yaitu CBR Thailand (ada 2 generasi: CBR karbu Thai / CBR old dan New CBR Fi CBU). Untuk urusan modifikasi, aksesoris original Thailand yang bermerk BIKERS juga sudah tidak asing di mata&hati para penikmat kuda besi di Indonesia. PMB sendiri memiliki dan menikmati produk-produk dari Thailand tsb, jadi cekidot deh gan, gass ke TKP!

Bikers - CBR250R full acc

CBR250R Fi CBU Thai dengan full modifikasi Bikers original.

Salah satu misi PMB yaitu menjadi solusi efektif dengan harga bersaing (kalau bisa di bawah harga pasar) untuk ketersediaan spareparts CBU yang biasanya inden lama dan harganya selangit.

Bagi para pengguna CBR CBU Thai seperti PMB, pasti agan pernah merasakan sulitnya mendapatkan spareparts CBU untuk motornya. Sudah nyoba nanya ke Beres tp tidak ready (stock), atau giliran inden pun bisa 1-3 bulan (basi, keburu terbit mading-nya gan hehe). Weleh, coba bayangkan gimana kalau CBR kesayangan agan adalah motor andalan sehari-hari dan motor tidak bisa jalan tanpa spareparts tsb (contoh parts fast-moving yang rusak sewaktu-waktu seperti: kampas rem/parts bagian penge-rem-an, kampas kopling, filter oli, kabel kopling, hingga parts yg berhubungan dg kelistrikan seperti relay-relay, kabel body, dinamo: dinamo fuel-pump dan dinamo kipas radiator misalnya, dsb). Pasti agan gondok banget dong!?

Ada sih, bahkan lumayan banyak, seller online non-AHASS yg spesialis parts CBR CBU dan suka ready stock, tp dr pengalaman PMB sendiri, harganya afgan (sadis) banget (bisa beda 200-300% lebih dari HET/Harga Eceran Tertinggi Beres). Kalau sudah kepepet apa mau dikata deh, tapi sekarang zamannya online dan informasi terbuka bro! Sekarang PMB jg menyediakan solusi bagi para rider CBR CBU yg membutuhkan berbagai macam spareparts OEM (original pabrikan Honda Thailand) untuk motor kesayangannya. Harganya gimana gan? Yang pasti harga murah bersaing (sebisa mungkin PMB jual di bawah harga pasar dibanding seller-seller online CBU yg sudah duluan buka).

Contoh segelintir spareparts OEM CBR 250R CBU Thai yang PMB sudah ready stock dan jual. Hampir semua parts langka dan rata-rata mahal PMB berani sediakan dg harga bersaing, sebut saja seperti dinamo kipas radiator, kampas kopling, water pump shaft&oil seal, gasket/paking-paking, cakram rem, kabel kopling, dsb.

Contoh segelintir spareparts OEM CBR 250R CBU Thai yang PMB sudah ready stock dan jual. Hampir semua parts langka dan relatif mahal PMB berani sediakan dg harga bersaing, sebut saja seperti dinamo kipas radiator, kampas kopling, water pump shaft&oil seal, gasket/paking-paking, cakram rem, kabel kopling, dsb.

Semua spareparts CBR CBU Thai bisa agan pesan di sini (nomor kontak PMB ada di homepage PMB ya). Kalau pun saat itu suatu jenis parts sedang tidak ready stock (maklum gan ada ratusan parts untuk 1 motor saja, PMB bisa indenkan ke Honda Thailand dg jangka waktu 10-14 hari saja (bisa jg pakai ekspres kurang 1 minggu, tp ya total cost jadi mahal, gunakan opsi Xpress hanya jika memang mendesak). Atau bisa juga agan pantengin online store PMB di Bukalapak dan Tokopedia (silakan lihat etalase apakah parts yg agan cari sedang ready stock atau tidak di situ). So, problem solved yah! Semoga agan para rider CBR CBU tidak terlalu galau lagi atas ketersediaan spareparts-nya, selama Honda Thailand masih memproduksi spareparts-nya, PMB pasti bisa sediakan untuk agan!

Contoh Diagram spareparts CBR 250R 11-14 bagian Right Crankcase, posisi seal mechanical dan water pump shaft. Beginilah caranya jika kita ingin memesan suatu produk/inden parts CBU, pakai patokan diagram ori-nya dan nomor parts-nya, jadi akurat bro!

Contoh Diagram spareparts CBR 250R 11-14 bagian Right Crankcase, posisi seal mechanical dan water pump shaft. Beginilah caranya jika kita ingin memesan suatu produk/inden parts CBU, pakai patokan diagram ori-nya dan nomor parts-nya, jadi akurat bro!

 

PMB menghargai hasil karya modifikasi suatu brand terkenal dengan membeli dan menggunakan produk-produk original-nya, misalnya aksesoris original BIKERS Thailand.

Bicara yg satu ini, merk/brand BIKERS pasti sudah tidak lagi asing di kalangan riders se-Indonesia. Pada era-era kejayaannya di Indonesia (sekitar tahun 2008 – 2013), Bikers bahkan memiliki beberapa mitra/distributor resmi di Indonesia. Sayangnya sekarang Indonesia sudah tidak lagi memiliki mitra resmi (baca: importir besar) produk-produk original Bikers, semua sudah gulung tikar/bangkrut. Beberapa faktor penyebabnya misalnya rupiah (IDR) yg semakin melemah dibandingkan mata uang asing (USD dan THB), sehingga harga jual aksesoris original Bikers Thailand menjadi terlalu mahal di kantong bikers Indonesia (namanya jg produk impor gan, belum termasuk ongkir impor dan bea cukainya). Faktor lain, merajalelanya aksesoris Bikers kw alias palsu (counterfeit) di Indonesia (terutama biangnya di Jabodetabek) dengan harga yang sangat miring dibandingkan original Bikers-nya. Makanya jangan heran kalau hingga sekarang pun agan dapat menemukan aksesoris Bikers di sembarang toko offline variasi (bukan via mitra/distributor Bikers resmi lagi), hingga di toko-toko online yg menjajakan aksesoris Bikers kw dengan bangga-nya (paling ngeselin klo orangnya kekeuh bilang kalau itu original Bikers).

Tapi ya sudahlah, untuk urusan tsb biarlah hukum/UU hak cipta dan aparat penegak hukum yg bertindak. Tidak tertutup kemungkinan suatu saat pihak Bikers Thailand datang dan menuntut para pemalsu barang-barangnya di Indonesia, nah loh bakal persis kejadiannya seperti merk knalpot Yoshimura yg lagi ramai nih kasusnya (amiin) 😀

Bikers - full set acc CBR250R denis tampak samping kiri

CBR 250R CBU PMB yang sudah dipasang berbagai macam aksesoris original Bikers Thailand. Semua aksesoris Bikers sifatnya PNP dan langsung mendongkrak penampilan/estetika+fungsional!

Sebagai rider penikmat barang branded, PMB sendiri cukup tahu saja dan menghindari menggunakan Bikers kw / palsu tsb. Agan sendiri bagaimana? Are you team original Bikers or are you team Bikers counterfeit (kw)? Jika agan menghargai hak cipta orang lain dan rela mengapresiasi kualitas aksesoris Bikers original, maka you’re on the right place! PMB stands with you! PMB sendiri bangga menggunakan dan juga menjual (bisa mengimporkan) semua aksesoris original Bikers langsung dari pabriknya di Thailand. Meskipun PMB bukan mitra resmi Bikers (baca: importir besar), tp tidak menyurutkan semangat PMB di dalam menghadirkan produk original dan berkualitas di Indonesia. PMB sendiri memiliki koneksi dan jaringan yg baik dan bisa diandalkan untuk mendatangkan spareparts dan aksesoris dari Thailand 😉

Apa saja nih jadinya aksesoris Bikers original Thailand yg bisa digunakan untuk motor-motor yang ada di Indonesia? Well, kita mulai dari list motornya yah yg di antaranya:

Bikers original for Honda bikes: CBR 150R Fi & 250R Fi / 300R – CBR 500R – CBR 650F – CBR 1000RR – CB 300F – CB 500 F/X – CB 650F – PCX 125 & 150 – MSX 125 (Honda Grom) dsb (lainnya motor-motor keluaran Thailand).

Bikers original for Yamaha bikes: R15 – R25/R3 – MT 125/Slaz (klo di sini Yamaha Xabre) – MT25/MT3 dsb.

Bikers original for Kawasaki bikes: Ninja 250R/300R – Z250 – Z800 – Z1000 – ER6N/F – Versys dsb.

Bikers original for Ducati bikes: Monster 795&796, Scrambler.

Bikers original for KTM bikes: RC200 & 390 – Duke & Duke 390.

Sekarang kita beralih ke list aksesoris original Bikers-nya apa saja. Terus terang ada banyak sekali printilan aksesoris Bikers, apalagi untuk motor-motor kelas 150-250cc (paling doyan pakai aksesoris macam-macam, termasuk PMB hehe), sehingga tidak mungkin (tidak efisien) untuk meng-compile semua list-nya dalam 1 postingan ini. Jadi, PMB buat bersambung saja yaa hehe

Tapi don’t worry bro, agan sudah pakai kuota internetnya untuk sampai ke postingan ini, jangan sampai pulang dengan tangan kosong setidaknya hehe. PMB kasih saja beberapa buah tangan nama aksesoris Bikers original yg pernah dipakai dan PMB jual selama ini yaa.

Bikers original acc for CBR 150R Fi CBU

 

Modifikasi Bikers CBR 150R Fi CBU_tampak terpasang stang set, shock adjuster, dan rotating bar clamps. Manis dan istimewa bro!

Modifikasi Bikers CBR 150R Fi CBU_tampak terpasang stang set, shock adjuster, dan rotating bar clamps. Manis dan istimewa bro!

Modifikasi Bikers CBR 150R Fi CBU. Dalam gambar ini tampak terpasang stang set, shock adjuster, rotating bar clamps, footstep, engine cover, as roda, hingga chain adjuster. Parts masih banyak standaran, tapi aksesoris Bikers-nya bikin wah banget deh!

Modifikasi Bikers CBR 150R Fi CBU. Dalam gambar ini tampak terpasang stang set, shock adjuster, rotating bar clamps, footstep, engine cover, as roda, hingga chain adjuster. Parts masih banyak standaran, tapi aksesoris Bikers-nya bikin wah banget deh!

Area sektor mesin/crankcase kiri CBR15r CBU ini tampak lebih padat dan eksklusif dengan 3 item berikut: Engine Cover (pelindung/tutup mesin), Front sprocket cover (tutup gear), Footstep underbon.

Area sektor mesin/crankcase kiri CBR15r CBU ini tampak lebih padat dan eksklusif dengan 3 item berikut: Engine Cover (pelindung/tutup mesin), Front sprocket cover (tutup gear), Footstep underbon.

Modifikasi Acc Bikers CBR 150R Fi CBU_engine cover, sprocket cover, footstep underbon, as roda blkg_all red zoom out @Anwar Samsi

‘Tua-tua’ keladi, makin tua makin jadi. CBR 150R Fi CBU yg merupakan generasi kedua CBR 150R (hingga 2016 sudah ada 4 generasi) ini tampak semakin gagah dan mentereng. Mata jg tidak bosan melihat tampilan motor yg sudah mulai berumur ini. Mesin dirawat baik, tampilan motor pun harus dijaga bro! Jangan mau kalah sm CBR-CBR yang baru hehe

Modifikasi Acc Bikers CBR 150R Fi CBU_engine cover, sprocket cover, footstep underbon, as roda blkg_all red zoom out tampak kanan @Anwar Samsi

Modifikasi CBR150R yang semakin dilihat semakin manis, dan dilihat dari sisi mana pun, tidak kalah memesona dengan CBR-CBR yg lain. Tampak dalam gambar ini as roda belakang (rear axle) Bikers original sudah terpasang.

Sedikit sentuhan saja di CBR150R Fi CBU standar ini, tapi cover gear Bikers sudah mampu memberikan tampilan yg mencolok dan eksklusif masbro!

Sedikit sentuhan saja di CBR150R Fi CBU standar ini, tapi cover gear Bikers di bagian mesin kiri sudah dapat memberikan tampilan yg mencolok dan eksklusif masbro!

Bikers original acc for CBR 250R Fi CBU

CBR250R milik PMB yg sudah dimodifkasi menggunakan full set stang adjustable Bikers, shock adjuster, rotating bar clamps. Kebetulan juragan PMB senengnya sama warna biru untuk motornya (Bikers memproduksi berbagai macam warna populer).

CBR250R milik PMB yg sudah dimodifkasi menggunakan full set stang adjustable Bikers, shock adjuster, center bolt, dan rotating bar clamps. Kebetulan juragan PMB senengnya sama warna biru untuk motornya (Bikers memproduksi berbagai macam warna populer).

Bikers - full set acc CBR250R denis tampak samping kiri zoom

Sama seperti modifikasi CBR150R Fi CBU sebelumnya, beberapa aksesoris serupa juga terpasang di CBR250R ini, ditambah printilan lain contohnya: Frame cover pivot caps (tutup rangka) Bikers, Frame slider Bikers, engine plugs Bikers (baut tutup mesin), full set footstep underbon Bikers (depan&belakang). Senada dan mewah kan? Tidak harus anak orang kaya untuk memiliki semua aksesoris original ini, yang penting niat dan perjuangan bro! (PMB sendiri ngumpulin 1-1 sejak awal punya CBR 4 tahun lalu). It’s worth it, I guarantee you!

Bikers - full set acc CBR250R denis tampak samping kanan zoom

Dari sebelah kiri, tampak beberapa aksesoris original Bikers yg mentereng dan belum disebutkan di CBR250R ini, seperti: clutch holder plate Bikers (dudukan kabel kopling), dan oil cap Bikers (tutup oli).

Ini tampak lebih dekatnya aksesoris printilan original Bikers yg PMB sebutkan di atas tadi. Remeh (kecil), tapi bukan berarti dilupakan.

Ini tampak lebih dekatnya aksesoris printilan original Bikers yg PMB sebutkan di atas tadi. Remeh (kecil), tapi bukan berarti dilupakan.

Nah kalau dilihat dari depan agak kejauhan sedikit, akan tampak juga cover kaliper rem depan Bikers di CBR25R ini. Bahkan tutup pentil rodanya pun sampai menggunakan keluaran Bikers original juga lho! The devil it's on the details bro!

Nah kalau dilihat dari depan agak kejauhan sedikit, akan tampak juga terpasang cover kaliper rem depan Bikers di CBR250R ini. Bahkan tutup pentil rodanya pun menggunakan keluaran Bikers original juga lho! The devil it’s in the details bro!

Agar lebih jelas melihat cover kaliper rem depan Bikers CBR250R dan tutup pentil ban Bikers, agan bisa mengklik gambar ini nanti muncul hi-res nya lho. Cakepp bro!

Agar lebih jelas melihat cover kaliper rem depan Bikers CBR250R dan tutup pentil ban Bikers, agan bisa mengklik gambar ini nanti muncul hi-res nya lho. Cakepp bro!

Untuk lebih detail tentang list/daftar aksesoris Bikers original dan untuk motor-motor lain kita sambung di postingan(-postingan) selanjutnya ya! Modifikasilah motor agan sampai ke negeri Thailand! Khob khun krub/ka! ขอบคุณครับ/ค่ะ! Thank you!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s