Motor CBR Terasa OIeng, Penyebabnya Bukan Komstir/Laher, Ternyata…


Saat hard braking, apalagi hendak menikung dibutuhkan performa pengereman yang baik. Doc: PMB di Sentul Karting Circuit.

Hey guys!

Memasuki penghujung tahun 2017, pasti sudah pada merencanakan liburan akhir tahun/tahun baru dong nih? Banyak hal positif yang bisa kamu lakukan sebagai seorang biker, misalnya kumpul-kumpul bersama keluarga dan/atau teman-teman. Tambah asyik lagi jika perjalanan yang kamu tempuh bersama motor kesayangan dan boncenger kesayangan (amin deh pd nggak jones lagi :D).

Well, PMB sendiri untuk malam tahun baru 2018 ini sudah merencanakan jalan-jalan di sekitar dalam kota Jakarta bersama pasangan dan si cibi kesayangan. Kebetulan motor (CBR 250R) jg sudah masuk jadwal servis, jd sekalian deh disiapkan baik-baik untuk rencana nanti biar ga bermasalah di jalan, dan bubar rencananya. Salah satu keluhan notable yang PMB rasakan sebelum menservis motor adalah gejala stang oglek dan roda depan serasa ‘melayang’ kiri-kanan, apalagi saat hard-braking dan menikung lumayan kenceng. Hmm masa komstir lagi sih? Perasaan jarang banget motor kena lobang dan udah pake komstir bambu import (high performance) jg deh! Jadi apanya nihh, asli gak nyaman deh bawa motornya, berasa stang mau copot aja…

Usut punya usut, ternyata penyebabnya bukan komstir oblak/longgar, bukan juga laher roda depan yg oblak, teman mekanik PMB yg menangani motor menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah sudah aus-nya (baca: melar dan tidak membal sempurna) karet boot di kaliper rem depan CBR.

Percaya gak karet boot caliper seremeh ini bisa bikin stang terasa oblak dan pengereman jd terasa oleng? Masalah ini sangat terasa apalagi di motor-motor sport modern yang sudah menganut sistem cakram semi-floating (cakram agak bergerak saat mengerem dalam).

Njirrrrr barang ‘seremeh’ itu ternyata bisa bikin stang terasa oblak dan tidak nyaman saat mengerem depan (apalagi saat high-speed cornering dan hard-braking) lho! Ya udah deh akhirnya ganti seal boot baru.. Berhubung (tahu sendiri) parts CBR CBU agak susah dicarinya dan mahal selangit, teman mekanik sy merekomendasikan untuk pake ‘kanibalan’ dari parts motor Suzuki sejenis.

Setelah kita bongkar kaliper rem depan dan dipasang penggantinya, ternyata memang benar saja, rubber seal boot caliper ori-nya sudah melar 3-4x lipat dr ukuran normalnya (faktor panas dan umur pemakaian), sehingga kaliper rem depan jadi tidak bisa ‘main’ membal spt mekanisme semi-floating pd umumnya. Oke, terus diganti dipasang boot caliper yang baru, dan jreng jreng…….. terpasang plek, tanpa ubahan sama sekali, persis spt ori-nya!!

Ini lho penampakan boot front caliper (semi floating) CBR yg PMB bahas. Kecil remeh tp ternyata vital juga fungsinya!

PMB pun mengetes memakai motor, dan gejala roda depan oleng/stang oblak pun sudah 100% hilang!! 😀

So, bagi kamu yg punya CBR Fi CBU (dan motor-motor sport lainnya yg menganut sistem rem semi-floating), semoga info dari PMB ini dapat bermanfaat dan membantu yaa. Siapa tahu bukan komstir atau laher roda-nya yang rusak, apalagi untuk motor berumur tuwir (di atas 30.000 km) sebaiknya dicek dl kondisi boot caliper ini.

PMB menjual jg boot caliper ini untuk teman-teman CBR250R CBU (klo untuk CBR150R Fi CBU sy kurang yakin apakah samaan jg krn belum ngecek), kamu bisa mengeceknya di BUKALAPAK PMB dan TOKOPEDIA PMB ya.

Kode parts ori CBR CBU-nya: 45132-166-016 dan 45133-MA3-006, nah kedua parts itu lah yg digantikan oleh kanibalan dari Suzuki ini. Sy kasih diagram parts untuk lebih detailnya:

Diagram CBR250R FRONT BRAKE CALIPER NON-ABS_SEAL BOOT position

Diagram CBR250R ABS FRONT BRAKE CALIPER ABS_Seal boot position

Enjoy new year 2018 and stay safe bruh! 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s